Thursday, March 22, 2012

Menghitung Luas Tanah dengan Koordinat GPS


Berhubung banyaknya pembaca yang mencari referensi untuk menghitung luas tanah dan kelilingnya dengan data koordinat GPS (Global Positioning System), maka saya membuat program Excel khusus untuk keperluan tersebut. Download disini.

Cukup dengan menuliskan data bujur dan lintang dari setiap titik sudut tanah, maka program akan langsung menghitung luas dan kelilingnya. Agar tidak membingungkan, maka selalu gunakan arah jarum jam untuk mengurut titik-titik sudut tanah. Jika kebalikannya maka perhitungan luas akan negatif.

Pada gambar dibawah, saya mencoba menghitung luas dan keliling suatu area di sekitar Monumen Nasional (Monas, Jakarta). Terlihat koordinat GPS yang didapat dari Google Maps. Perlu diperhatikan bahwa Google Maps menggunakan data dengan urutan lintang-bujur.





Terlihat pada gambar diatas bahwa kapling tanah yang diukur berbentuk poligon tak beraturan segi delapan. Titik sudut yang digunakan sebagai starting point adalah titik paling kiri bawah, selanjutnya titik ini juga digunakan sebagai end point sehingga membentuk poligon segi delapan tertutup sehingga program dapat menghitung luas dan kelilingnya. Jadi total koordinat GPS yang diinput berjumlah 9 koordinat, karena starting point dan end point dititik yang sama. Koordinat diinput pada sel berwarna kuning dan diurut searah jarum jam. Di sebelah kanan ada grafik yang menggambarkan bentuk poligon yang diukur. Pada contoh ini luas poligon segi delapan adalah 231.339 meter persegi, dan lingkarannya adalah 1.782,7 meter

Pada Excel workbook terlampir, juga ada rumus untuk mengkonversi data GPS dengan format sexagesimal (derajat menit detik), menjadi desimal dan selanjutnya digunakan untuk menghitung luas dan keliling tanah yang berbentuk poligon beraturan dan tak beraturan.

Artikel ini berhubungan dengan artikel sebelumnya yaitu: perhitungan luas poligon dan menghitung jarak dengan GPS koordinat.

Perhitungan luas poligon ada dua artikel yang pernah saya tulis yaitu menggunakan metoda matrix dan metoda segiempat. Metoda matrix agak sulit dipahami tapi rumusnya lebih sederhana. Ada juga artikel yang khusus membahas perhitungan keliling poligon.




Jika Anda sedang mencari peralatan GPS yang handal dan berkualitas tinggi seperti Garmin dan Tom Tom, lulus uji kualitas standar industri Amerika,  silakan melihat di "GPS Paling Laku Di Amerika".

27 comments:

  1. Terima kasih banyak kepada Bp.Heru Maruza atas file excel-nya.
    Sangat membantu saya dalam menghitung luas area di Google Earth.

    Salam,
    Handoko

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali...Anda juga dapat menghitung luas tanah dengan menggunakan data GPS dari handphone, dilokasi tanah tersebut saat sedang meninjau lokasi properti.

      Delete
  2. mas untuk menghitung luas are dimana di formulanya di kash keterangan untuk merubah warna kuning , untuk kolom kuning ( radius ) bagaimana mencarinya , apakah perlu di rubah atau tidak ....terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada lembar 'area & perimeter' , cukup input pada kolom kuning Latitude dan Longitue (lintang dan bujur). Rumus pada kolom Area (luas) dan kolom Perimeter (panjang keliling) akan menghitung secara otomatis.

      Delete
  3. salam knal mas heru...
    yang ingin saya tanyakan saya mempunyai 3 titik koordinat saja,untuk menghitung luas y bgmn yh cara y mas?? boleh minta no HP y mas heru??

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tiga titik sama prosedurnya dengan lebih dari dari tiga titik, harap lihat di file terlampir di lembar 'area & perimeter', petunjuk tertulis di bagian bawah kanan.

      Delete
  4. mas mo nanya ,,, kalo sebuah segitiga siku-siku dengan sudut A 73 derajat, sudut B 17 derjat, karna siku tentu sudut C 90 derjat,, bisa ga kita cari jarak dari A-B ato B-C ato C-A ,,, mohon bantu ya mas,, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai rumus Phytagoras untuk menghitung sisi, jika dua sisi diketahui panjanganya maka sisi ke tiga dapat dihitung denga rumus Phytagoras tersebut.

      Cara lain dengan menggambarkan segitiga tersebut dikertas koordinat, sehingga panjang tiap sisi diketahui, lalu dengan menggunakan skala dapat dihitung panjang sisi-sisi segitiga aktual.

      Silakan baca juga artikel tentang keliling poligon di alamat berikut:

      http://maruzar.blogspot.com/2011/12/keliling-poligon-tak-beraturan-dan.html

      yang dapat menghitung panjang sisi-sisi segitiga dengan memasukkan koordinat-koordinat pada lembar Excel yang sudah mengandung rumus. Prinsip yang sama digunakan juga untuk menghitung koordinat GPS

      Delete
  5. selamat malam.
    saya tertarik dengan program excel ini.
    tetapi pada bagian area dan parimeter saya masih bingung fungsi nilai x dan y, kenapa harus dirubah kedalam bentuk x,y?
    yang ingin saya tanyakan, adakah artikel khusus yang membahas hal tersebut.

    terima kasih mas heru. :)

    ilham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yth Ilham
      Karena pengukuran luas biasanya dilakukan dengan koordinat x dan y, jadi ini hanya untuk memudahkan pemahaman dan memudahkan mencari data yang salah jika salah input.

      Rumus pada Excel akan mencari panjang x dan y dari koordinat 2 titik, lalu menghitung luas dengan prinsip menghitung luas poligon seperti dibahas diartikel

      http://maruzar.blogspot.com/2011/12/menghitung-luas-poligon-tak-beraturan.html

      Delete
  6. Terima kasih banyak kepada Pak Heru, ini sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  7. trimakasih pak, semoga menjadi amal baik. saya share posting ini di blog saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon alamat asal kutipan dicantumkan..Salam, Heru

      Delete
  8. Thank berat..ini dia yang selama ini saya cari cari..dido'akan masuk sorga karena banyak amalnya. Ini yang namanya ilmu yang bermanfaat dan akan mengalir sampai akhir jaman. Aamiin..wass

    ReplyDelete
  9. Nuhun pisan. Ini yang selama ini saya cari2. Dari hati yg paling dalam dido'akan semoga masuk surga atas ilmu yang bermanfaat sampai akhir jaman. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya artikel ini adalah cloud data, tapi karena tidak mengandung hal-hal pribadi maka saya putuskan untuk dipublikasikan...Jadi semua orang bisa meng-akses cloud data ini...Smoga bermanfaat, Heru

      Delete
  10. Trims bangetss ya, semakin dibagikan semakin banyak ilmu yang diperoleh Bapak Heru Maruza

    ReplyDelete
  11. Sangat membantu,,thanks aplikasi nya mas Heru Maruza

    ReplyDelete
  12. mas mau nanya kalau ingin membuat garis link dari node A ke node B via excel yang nantinya akan di convert to kml apakah ada rumus atau caranya?

    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibaca di artikel berikut yang membahas hal tersebut:

      https://www.earthpoint.us/ExcelToKml.aspx

      Delete
  13. Terimakasih Mas Heru Maruza..
    Semoga jadi ilmu yang bermanfaat :)

    ReplyDelete
  14. Mas Heru Maruza,
    Saya mau nannya, Untuk menghitung Luas area Poligon peta menggunakan titik koordinat GPS menggunakan Rumus apa namanya? Saya binggung untuk skripsi saya belum ketemu Rumusnya!.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumusnya sama dengan luas poligon, tapi untuk area pada bola maka harus dikalikan faktor, karena semakin ke arah kutub luas area akan semakin kecil. Artikel ini berhubungan juga dengan artikel heading dan bearing, di artikel tsb dijelaskan bentuk bola akan berpengaruh pada koordinat cartesian (X,Y).

      Delete
    2. selamat malam mas,
      saya ikut bergabung karena kasus saya sama persis dengan mas basuki..
      saya sudah menghitung manual (dengan menggunakan pita meter) dan menghitung menggunakan titik koordinat GPS dengan rumus2 yang sudah ada, tp hasilnya msh tetap jauh berbeda. kira2 bagaimana ya mas??
      mohon pencerahannya atau ada email yang mungkin bisa saya hubunggi..

      terimksh

      Delete
    3. Mungkin kesalahnya pada akurasi data. Data GPS mempunyai tingkat akurasi. Biasanya GPS pada handphone kurang akurat jika dibandingkan dengan GPS untuk pengukuran tanah (surveyor). Cara mudah untuk crosscheck data, bisa dengan membuka google maps untuk check koordinatnya.

      Delete
    4. Selisih perhitungan bisa terjadi krn: radius bumi (lebih panjang di atas gunung), lebih pendek di muka laut, pembulatan angka, dll

      Akurasi GPS umumnya sekitar 1-5 meter, bahkan bisa lebih, harap baca:

      http://communityhealthmaps.nlm.nih.gov/2014/07/07/how-accurate-is-the-gps-on-my-smart-phone-part-2/

      Delete

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site