Monday, December 26, 2011

Keliling Poligon Tak Beraturan dan Beraturan dengan Excel


Poligon yang dibahas disini bisa berupa poligon beraturan, seperti: segitiga, segiempat, segienam, dll, maupun poligon tak beraturan. Perhitungan ini dapat digunakan untuk mengukur panjang pagar dari suatu bidang tanah atau lahan. Keliling atau perimeter dari suatu poligon adalah jumlah semua sisi-sisinya. Artikel ini merupakan lanjutan artikel tentang perhitungan luas poligon.

Gambar dibawah tampak perhitungan luas dan keliling untuk suatu bentuk poligon tak beraturan dengan 19 buah titik sudut. Bentuk seperti ini dapat berupa bentuk sebidang tanah.


Sebagaimana gambar dibawah, ada suatu poligon bersisi a,b,c,d. Rumus yang digunakan adalah:


Keliling = a + b + c + d
Dimana panjang setiap sisi adalah = ( (x1-x2)2 + (y1-y2)2 )(1/2)

Poligon yang hendak diukur digambar pada suatu koordinat kartesius, lalu ditandai setiap titik sudutnya dengan sistem koordinat (x,y). Pastikan nilai x dan nilai y selalu positif, karena nilai negatif dapat membingungkan.

Satuan yang gunakan bisa apa saja, misal: cm, meter, km, inchi, feet, mile, dll.

Untuk mengukur keliling tanah, petakan dulu tanah yang akan diukur. Bisa menggunakan cara sederhana namun cukup akurat sebagaimana artikel ‘Menggambar Peta Berskala dengan Metoda Segitiga’. Tentukan koordinat (x,y) untuk tiap sudut bidang tanah.

Buka dokumen Excel terlampir, masukkan koordinat x pada kolom x, dan masukkan koordinat y pada kolom y. Lihat pada grafik di sebelah kanan, grafik harus membentuk poligon yang diinginkan, jangan ada garis yang terputus pada poligon tersebut. Ukuran grafik dapat diatur agar didapat gambaran poligon yang lebih sesuai.

Input hanya pada sel berwarna kuning, selalu input mulai dari atas, jangan ada baris yang terlompat. Setidaknya harus ada satu simpul atau sudut yang menyentuh sumbu x, dan satu sudut yang menyentuh sumbu y. Titik sudut pertama adalah titik yang terdekat dengan 0 (0,0). Daftarkan titik-titik sudut pada kolom x dan kolom y sesuai arah jarum jam.

Untuk menghitung keliling tanah dengan koordinat GPS, klik disini.



Anda sedang mencari laptop atau notebook yang berkualitas tinggi? Lihat berbagai merk laptop seperti Apple Macbook, Samsung Chromebook, Dell Inspiron, ASUS Vivobook, Lenovo IdeaPad, HP Pavilion dan lain-lain yang lulus uji standar Amerika, dapat dilihat di "Laptop Paling Laku di Amerika".


2 comments:

  1. Mas mau nanya,
    Untuk menghitung Luas Area Poligon menggunkan titik koordinat GPS menggunakan Rumus apa namanya, saya bingung untuk skripsi saya belum ketemu luas area-nya. biar saya belajar sendiri mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagaimana dijelaskan di atas, poligon diukur luasnya dengan membagi-bagi poligon tersebut dalam bentuk segiempat (abcd). Untuk luas pada permukaan bola, area pada bola maka harus dikalikan faktor, karena semakin ke arah kutub luas area akan semakin kecil. Jadi sebenarnya ini rumus turunan. Harap lihat artikel tentang GPS termasuk artikel heading dan bearing, di artikel tsb dijelaskan bentuk bola akan berpengaruh pada koordinat cartesian (X,Y). Rumus-rumusnya dapat dilihat langsung pada lembar excel, tidak dikunci password.

      Delete

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site