Saturday, May 25, 2013

Menyesuaikan Jam Tangan Dengan Gaya Anda


Sebuah jam tangan atau arloji adalah penunjuk waktu, biasanya dipakai di sekitar pergelangan tangan atau diikat pada rantai dan dibawa dalam saku. Jam tangan adalah jenis yang paling umum digunakan saat ini. Jam tangan berkembang di abad ke-17, yang disempurnakan dari jam bertenaga pegas yang muncul di abad ke-15. Jam tangan pertama menggunakan sistem mekanis. Karena berkembangnya teknologi, beberapa mekanisme yang digunakan untuk mengukur waktu telah diganti dengan menggunakan getaran kuarsa atau pulsa elektronik dengan tenaga batere. Arloji elektronik digital pertama dikembangkan pada tahun 1970. Sebelum jam tangan menjadi populer di tahun 1920-an, sebagian besar jam tangan adalah jam saku, yang mempunyai tutup dan diikat dengan rantai.

Jam tangan masih sangat populer walaupun sekarang sudah ada jam di handphone, di kendaraan, dan mudah ditemukan di setiap tempat umum. Jam tangan lebih dari sekedar sesuatu yang melingkar di pergelangan tangan dan membantu Anda tetap tepat waktu. Jam tangan sebagai asesoris dapat membantu menegaskan gaya pribadi Anda. Pertanyaan yang paling mendasar adalah, kapan dan bagaimana saya akan memakai jam ini? Pada akhirnya, arloji adalah refleksi dari Anda dan gaya hidup Anda, seperti pakaian yang Anda kenakan atau mobil yang Anda kendarai.



Jam tangan yang Anda pilih harus sesuai untuk kegiatan saat Anda mengenakannya. Jika kegiatan utama Anda adalah olahraga atletik, jam tangan yang tahan guncangan (shock-proof) dapat dijadikan pertimbangan.  Jika Anda akan menggunakan jam tangan untuk berenang dan menyelam, jam tangan yang tahan air tekanan tinggi cocok dikenakan, memiliki screw-down crown agar tahan tekanan air yang tinggi dan sabuk (gelang) plastik yang tahan air.

Jam tangan mekanis kurang akurat jika dibanding jam elektronis. Pada jam mekanis sering terjadi kesalahan beberapa detik per hari, dan peka terhadap posisi, suhu dan magnet. Arloji mekanis juga mahal ongkos produksinya, memerlukan pemeliharaan rutin dan penyesuaian, dan lebih rentan terhadap kegagalan. Namun demikian, keahlian jam tangan mekanis masih menarik minat dan populer diantara penggemar arloji. Jam tangan model Skeleton dirancang untuk memperlihatkan mekanismenya untuk tujuan estetika. Jam tangan mekanis yang dibuat dengan keahlian tinggi, dianggap sebagai jam tangan mewah (luxury watches).

Jika Anda mencari jam tangan andal akurasinya, maka jam tangan dengan kristal kuarsa (quartz) jawabannya. Dalam jam tangan quartz, terdapat kristal quartz yang bergetar sekitar 33 kali per detik. Dengan tenaga dari batere, getaran quartz ini diterjemahkan ke dalam pulsa oleh sebuah chip komputer yang mengatur tegangan listrik ke motor elektronik untuk menggerakkan jarum-jarum jam.


Jam Tangan Kasual (Casual Watches)
Pilihlah jam tangan kasual yang sesuai kepribadian dan gaya hidup Anda yang santai, tidak terlalu serius. Berbagai warna tersedia, pilih warna yang paling cocok untuk dikenakan.

Muka jam tangan harus nyaman dan mudah dibaca. Carilah tampilan jam tangan dengan fitur seperti detik atau jendela tanggal yang berguna bagi Anda.

Pilih bahan sabuk (gelang) yang nyaman. Bahan dari kulit biasanya lebih ringan bobotnya dan lebih pas di pergelangan, tetapi tidak tahan air. Sabuk dari logam biasanya lebih berat, tahan air, dan lebih tahan lama. Gelang karet biasanya memiliki tampilan kasual dan tahan air.

Jam tangan kasual diproduksi oleh Kenneth Cole, Nautica, Swiss Legenda, Tommy Hilfiger, dan banyak lagi.


Jam Tangan Formal (Dress Watches)
Jam tangan yang tipis akan tersimpan rapi di bawah lengan kemeja Anda, kenakan yang lebih besar dan tebal jika ingin menonjolkanya. Dress watches untuk pria maupun wanita dapat menambahkan berlian atau batu permata aksen. Jam ini cocok untuk acara-acara formal, seperti saat bekerja di kantor. Gelang logam biasanya lebih baik, gelang kulit juga tampak bagus. Biasanya penampilannya lebih sederhana tapi fungsional.

Merknya antara lain: AK Anne Klein, Bulova, Citizen, Seiko, dan banyak lagi.


Jam Tangan Olahraga (Sport Watches)
Carilah jam olahraga yang mudah dibaca, seperti jam digital. Jam tangan olahraga biasanya lebih besar agar dapa memuat timer (stopwatch), alarm, dan fitur lain yang ditemukan dalam jam tangan olahraga.

Chronograph adalah jenis jam tangan yang dapat digunakan sebagai stopwatch (penghitung waktu) sehingga cocok sebagai jam tangan olahraga.

Pilih tingkat tahan air yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Misalnya, untuk penyelam harus mencari rating minimal 200 meter daya tahan jam terhadap tekanan air untuk kedalaman menyelam.

Pada jam tangan analog, carilah yang mempunyai bezel berputar atau tachymeter untuk membantu mengukur waktu pada even tertentu. Untuk pelari serius, pembalap sepeda dan pengendara motor, jam tangan digital menyediakan beragam fitur yang berguna.

Seorang pelari marathon membutuhkan arloji untuk menentukan strategi dalam suatu perlombaan. Pelari marathon perlu mengetahui kapan saatnya untuk berlari agak lambat guna menghemat stamina. Pelari marathon perlu juga mengetahui kapan saatnya berlari lebih cepat guna memperbaiki posisi atau ranking. Bukan suatu hal yang mudah untuk melihat arloji sambil berlari. Arloji digital berangka besar mudah dilihat, cocok digunakan saat sedang berlari marathon. Arloji digital juga ada yang menggunakan LED sehingga angka-angkanya tampil berwarna cerah, tidak berwarna hitam, sehingga sangat mudah dilihat saat gelap dan sambil berlari.

Beberapa jam tangan olahraga dilengkapi dengan GPS (Global Positioning System) untuk mengukur kecepatan, jarak, dan merekam koordinat-koordinat lokasi yang dilalui. Ada juga yang dilengkapi dengan penghitung denyut jantung (Heart Rate Monitor), sehingga dapat dimonitor apakah denyut jantung sudah cukup untuk menurunkan berat badan dan masih di bawah detak jantung maximal.

Beragam jam tangan bermutu tinggi, semua orisinal dengan harga relatif terjangkau, dijamin semua kwalitas 1 (kw1)  tanpa ada kwalitas dua (kw2), lihat di sini.

Tachymeter adalah skala di sekitar tepi jam analog sports. Skala Tachymeter menandakan saat start, sehingga kemudian dapat diketahui berapa lama sebuah even berlangsung. Tachymeter dapat digunakan untuk menghitung kecepatan berdasarkan waktu tempuh dalam suatu jarak yang diketahui, atau mengukur jarak berdasarkan kecepatan konstan yang diketahui.

Jam tangan Aviator mirip dengan jam tangan olahraga. Jam tangan Aviator cocok digunakan untuk penerbangan. Jam tangan ini dilengkapi dengan fitur waktu untuk beberapa zona waktu, sehingga penerbang dapat mengetahui waktu untuk setiap zona waktu yang berbeda. Jam tangan Aviator ada yang dilengkapi dengan kompas.

Perhatikan bahan gelang yang  harus didasarkan pada preferensi pribadi dan jenis olahraga. Bahan yang paling populer untuk jam tangan sport adalah gelang plastik atau karet.

Merk jam tangan sport antara lain: ARMITRON, Casio, Puma, REAKTOR, Timex, dan banyak lagi.


Jam Tangan Fashion (Fashion Watches)
Jika Anda sedang mencari jam tangan fashion, maka semua aturan berubah alias tidak ada aturannya. Jam tangan fashion dapat memperbarui tampilan Anda atau membantu menonjolkan keindahan pakaian. Jam tangan fashion dipilih sesuai selera pribadi. Berbagai model, gaya dan warna tersedia. Beberapa desain berbahan logam mulia dan dilengkapi dengan batu mulia.

Carilah jam tangan yang memancarkan kepekaan artistik Anda, atau dapat dianggap sebagai perpanjangan dari kepribadian Anda. Sekarang ini sedang mode jam tangan fashion besar (chunky), dengan jam tangan pria berukuran lebih dari 50 milimeter (2 inci). Untuk mencoba tren baru, coba bermain dengan aksesori Anda. Tidak semua orang bisa memakai warna-warna panas dan mencolok pada pakaian, tapi semua orang bisa memakainya di jam tangan. Jangan takut untuk mencoba berbagai gaya dan warna di arloji Anda. Sekarang adalah saatnya untuk menjadi modis.

Berbagai merk jam tangan fashion antara lain: GUESS, Ed Hardy, Invicta, Swatch, TechnoMarine, dan banyak lagi.


Jam Tangan Mewah (Luxury Watches)
Kadang-kadang disebut sebagai Haute Horlogerie, jam tangan mewah cocok untuk dikoleksi dan investasi karena harganya dapat meningkat seiring waktu.

Dengan jam tangan mewah high-end dari Cartier, Omega, Movado, dan TAG Heuer, Anda membayar untuk arloji terbaik, pengerjaan halus dari ahlinya, dan eksklusivitas (jumlah yang lebih sedikit diproduksi untuk model individual). Sebuah arloji yang bagus adalah pusaka yang indah untuk diwariskan ke generasi berikutnya. Jam tangan mewah sering dikategorikan sebagai perhiasan (jewelry), bukan sebagai alat pengukur waktu (watch).

Arloji mekanis masih sangat populer sebagai arloji mewah. Pertimbangkan arloji yang otomatis (memanfaatkan energi dari gerakan tangan) dengan mekanisme yang terlihat (dial skeletonized, show caseback) sehingga menampilkan keindahan mekanis dan keahlian pembuatnya. Dari semua arloji mewah yang dibuat di seluruh dunia saat ini, arloji dari Swiss masih mendapat reputasi tertinggi karena kekayaan pengetahuan dan infrastruktur yang dibangun dalam industri jam Swiss selama berabad-abad. Perlu diingat bahwa suatu arloji hanya dapat diberikan label 'Swiss Made' jika mekanisnya dibuat, dirakit, dan diperiksa di Swiss. Sebuah jam tangan bisa disebut memiliki mekanis dari Swiss jika mekanisme otomatisnya dibuat di Swiss tapi kemudian dirakit di tempat lain. Arloji mekanis dari zaman modern dibuat dengan ketelitian tinggi dan material yang keras dan tahan korosi, dengan kaca kristal anti gores yang keras namun liat, sehingga dapat berumur panjang dan cocok sebagai investasi atau untuk diwariskan.

Arloji mewah dibuat oleh: Cartier, GUCCI, Movado, Omega, TAG Heuer, dan banyak lagi.

2 comments:

  1. iya gan, ane setuju :) pemakaian jam tangan emang lebih cocok kalo dipadupadankan sama gaya pakaian kita :)

    ReplyDelete

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site