Thursday, November 10, 2011

Jogging untuk menurunkan berat badan


Gunakan pakaian yang menutup seluruh tubuh agar anda banyak berkeringat. Minum air hangat sebelum jogging dan saat jogging agar anda banyak berkeringat. Kelebihan lemak dapat keluar bersama keringat, seperti pada mandi sauna.

Air juga berguna membantu metabolisme sehingga pembakaran lemak jadi lebih effisien.

Kecepatan berkisar antara 6-10km/jam, tapi sebaiknya berpatokan pada kemampuan jantung anda.

Gunakan rumus detak jantung agar untuk menentukan detak jantung aman dan effektif untuk membakar lemak bagi seseorang seusia anda. Maximal detak jantung per menit yang aman adalah :

220 - umur = detak jantung maksimal

Detak jantung minimal untuk membakar lemak :

detak jantung maksimal x 0,65 = batas bawah

Misal umur anda 40 tahun maka detak jantung yang aman adalah :

220 – 40 = 180


Detak jantung minimal untuk membakar lemak adalah :

180 x 0.65 = 117 detak per menit


Jadi saat jogging detak jantung aman adalah sekitar 117 per menit sudah cukup untuk membakar lemak, jika anda berumur 40 tahun. Kurangi kecepatan anda jika jantung berdebar dan napas ngos-ngosan dengan berat, jika sampai kepala anda pusing ada baiknya untuk segera melambat dan berhenti lalu beristirahat.

Berlatihlah paling tidak 30 menit sehari, dan sebanyak 4-5 kali per minggu. Bisa juga setiap 2 hari sekali, sehingga anda bisa beristirahat satu hari. Yang penting adalah berlatih rutin, bukan hanya sekali seminggu tapi dengan beban yang sangat berat, resiko cedera akan sangat besar.

Sehabis jogging biasanya anda akan merasa lapar, makanlah makanan rendah karbohidrat dan protein, seperti buah-buahan dan sayuran agar asupan kalori lebih kecil dari kalori yang dikeluarkan saat jogging. Serat pada buah-buahan dan sayuran akan membuat anda merasa kenyang.

Jangan lupa pemanasan dan stretching sebelum jogging, dan cooling down sesudah jogging.

Baca lebih detail tentang tips untuk jogging.

No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site