Wednesday, November 9, 2011

Tips untuk jogging


Makan secukupnya, sebaiknya 2 jam sebelum jogging. Jika lambung masih penuh maka akan timbul rasa sakit pada lambung seperti keram.

Lakukan pemanasan 10 menit dan peregangan 5 menit agar tidak mudah keram.

Menggunakan jacket baik saat melakukan pemanasan. Tapi jika sudah terasa hangat dan berkeringat maka jacket harus dibuka. Karena fungsi keringat adalah untuk menjaga suhu badan agar tidak terlalu panas (overheating atau heat exhaustion). Keringat hanya akan mendinginkan badan saat keringat menguap bukan saat keringat membasahi pakain atau jacket. Karena untuk dapat menguap, air akan membutuhkan dan mengambil panas dari sekitarnya, dalam hal ini panas tubuh. Jika keringat tidak bisa menguap maka suhu badan bisa menjadi terlalu panas, yang dapat menyebabkan: keringat berlebihan, jantung berdebar, sakit kepala, keram otot, keram perut, pingsan bahkan meninggal.

Minum air hangat dapat meningkatkan keringat, baik jika anda berniat membersihkan tubuh, tapi akan membuat anda cepat haus. Minum air dingin baik jika air tidak terlalu dingin.

Rencanakan rute anda sebelum berlari, karena anda hanya fokus pada kecepatan anda saat berlari dan kurang memperhatikan lingkungan, sehingga mudah terjadi kecelakaan terutama di tempat ramai. Berhati-hatilah jika anda berlari sambil mendengar musik (MP3, walkman, radio, dll) karena anda jadi sangat kurang memperhatikan lingkungan.

Gunakan bagian depan kaki saat kaki menjejak tanah, jangan gunakan tumit, dengan bagian depan kaki anda dapat menyerap benturan dan mengubah benturan menjadi lentingan (recoil), sehingga mengubah energi benturan menjadi gerakan maju. Gunakan sepatu yang dapat menyerap benturan.

Maximal detak jantung per menit yang aman adalah :
220 - umur = detak jantung maksimal

Detak jantung minimal untuk membakar lemak
detak jantung maksimal x 0,65 = batas bawah

Misal umur anda 40 tahun maka detak jantung yang aman adalah :
220 – 40 = 180

Detak jantung minimal untuk membakar lemak adalah :
180 x 0.65 = 117 detak per menit

Jadi saat jogging detak jantung aman dan dapat membakar lemak adalah sekitar 117 per menit, jika anda berumur 40 tahun.

Saat ini ada berbagai alat ukur detak jantung tersedia dipasaran. Anda dapat mengukur dengan merasakan dan menghitung secara manual selama satu menit, tapi tentu saja harus berhenti berlari saat check detak jantung manual. Kurangi kecepatan berlari jika detak jantung terlalu tinggi atau berdebar.

Rumus diatas juga berlaku untuk olah raga lainnya, tidak hanya jogging. Harap lihat tabel dibawah untuk lebih jelasnya.


No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site