Saturday, January 7, 2012

Grafik Tegangan, Arus, Daya dan Power Factor

Lembar Excel terlampir memberikan gambaran grafik tegangan (V), arus (A) ,dan daya (VA) untuk Power Factor tertentu. Dengan grafik tersebut maka akan terlihat dan mudah dimengerti apa yang terjadi pada gelombanga arus bolak-balik, gelombang tegangan, dan gelombang daya, untuk suatu power factor tertentu.

Download dan buka file Excel terlampir, input power factor pada sell berwarna kuning, nilai power factor berkisar dari 0 sampai 1. Nilai terbaik atau kondisi ideal adalah dimana power factor sama dengan 1, kondisi terjelek adalah power factor sama dengan 0. Untuk suatu generator set, jika tidak dicantumkan maka power factor dapat dianggap 0.85. Power factor yang tinggi akan mengurangi konsumsi bahan bakar generator set.

Hubungan antara power factor, effisiensi, tegangan, arus, dan daya, dapat dibaca disini.

Perhitungan untuk perbaikan power factor dengan kapasitor ada di artikel tersendiri.

Beberapa gambaran grafik tegangan (V), arus (A), dan daya (VA) untuk power factor tertentu:

Power factor 0
Grafik phase tegangan (biru) berselisih dengan grafik phase arus (merah) sebesar 90 derajat. Terlihat grafik daya (kuning) sebagian (50%) berada diatas sumbu x, dan sebagian lagi (50%) berada dibawah sumbu x, sehingga daya dalam satuan watt adalah 0 (nol), sedangkan daya dalam satuan VA (voltampere) adalah sama dengan tegangan dikalikan arus.



Power factor 0.85
Grafik tegangan (biru) berselisih phase dengan grafik arus (merah) sebesar 32 derajat. Terlihat grafik daya (kuning) sebagian kecil berada dibawah sumbu x, maka daya dalam satuan VA (voltampere) lebih besar dari daya dalam satuan watt, atau voltampere = 0.85 watt.



Power factor 1
Grafik dari phase tegangan (biru) berhimpit dengan grafik phase arus (merah), grafik daya (kuning) selalu berada diatas sumbu x, maka satuan daya dalam VA (voltampere) sama dengan daya dalam satuan watt.


No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site