Friday, December 30, 2011

Panduan Umum Memilih Generator Set

Daya dan tegangan

Hal paling utama adalah menghitung jumlah daya yang dibutuhkan. Beberapa alat membutuhkan daya yang besar saat start (inrush current), seperti pada alat-alat menggunakan motor listrik (AC, fan, kulkas, pompa air, kompresor, dll), dan selanjutnya daya yang dikonsumsi akan sesuai dengan daya yang tertulis pada spesifikasi dari pabrikan (running current). Inrush current dapat mencapai 7 kali lebih besar dari running current. 

Jika banyak alat yang sering dihidup-matikan (on-off operation, intermittent operation) seperti pompa air, kompresor, AC, maka perlu dipertimbangkan untuk menaikkan jumlah daya yang dibutuhkan hingga mencapai sekitar 1,5 sampai 2 kali dari daya yang tertulis pada label alat.  Hal ini sering membingungkan karena generator yang dipilih dengan berdasarkan hasil perhitungan daya ternyata tidak mampu mensuplai daya yang cukup, padahal sebenarnya banyak alat-alat yang bekerja on-off sehingga boros daya. 

Cara lain adalah dengan mengurangi on-off operation pada alat-alat tersebut agar bekerja lebih steady (tidak terlalu sering hidup-mati), misal: menambah tangki penampungan air untuk pompa air, menggunakan saklar yang mendeteksi tinggi air maximal dan minimal dalam tangki air.

Untuk kompressor, pengurangan inrush current dapat dilakukan dengan menambah volume tabung angin untuk kompresor, menggunakan softstarter yang membatasi inrush current, menaikkan putaran (rpm) motor dengan merubah rasio puli kompresor sehingga beban motor jadi lebih ringan dan mudah distart.

Untuk AC, perlu dipastikan bangunan tertutup rapat agar temperatur di dalam ruang stabil, sehingga AC tidak bekerja berat untuk menstabilkan temperatur. Jika temperatur ruang berubah-ubah dengan cepat maka kompresor AC akan sering bekerja dengan on-off operation dalam usahanya menstabilkan temperatur ruang, hal ini akan menyebabkan pemakaian listrik yang boros.



Perlu dipastikan juga tegangan yang dibutuhkan untuk alat-alat yang akan digunakan, sistem yang popular adalah dengan tegangan 220 Volt dan sistem dengan tegangan 110 Volt. Jika anda butuh dua sistem dengan tegangan berbeda, maka dapat menggunakan step up / step down transformator untuk menaikkan atau menurunkan tegangan.

Daya nominal dan daya maximal
Ada dua sistem pengukuran daya pada setiap generator, yaitu daya nominal dan daya maximal. Daya maximal selalu lebih besar dari daya nominal. Tapi generator hanya mampu bekerja selama sekitar 20-30 menit pada daya maximal. Jika lebih dari 30 menit bekerja pada daya maximal maka temperatur akan naik, dan jika generator dilengkapi dengan pemutus arus otomatis maka arus akan terputus, atau generator akan berhenti bekerja jika terlalu panas (overheating). Daya nominal kadang disebut sebagai rated power atau continuous power, maka sebaiknya selalu berpatokan pada daya nominal.

Satuan daya
Ada dua satuan yang biasa digunakan. Pertama adalah voltampere (va) atau kva (kilo voltampere), kedua adalah watt atau kilo watt. Pada listrik bolak-balik (Alternating Current, AC), satuan va selalu lebih besar dari watt. Karena dalam sistem arus bolak-balik voltampere harus dikalikan power factor (pf) agar didapat watt.

Biasanya power factor dianggap 0.85, kecuali bila tertulis lain. Jadi jika suatu genset tertulis daya 2 kva, maka dalam satuan watt, daya = 0.85 x 2 kva = 1,7 kilo watt.

Demikian pula pada alat-alat yang akan digerakkan listrik, perlu diperhatikan satuannya. Biasanya pada alat-alat listrik satuan dayanya adalah watt, bukan voltampere.

Apakah pembangkit listrik utama atau standby?
Jika sebagai pembangkit listrik utama, maka generator harus mampu bekerja 24 jam sehari 7 hari seminggu terus menerus, sehingga butuh generator berkualitas baik dan berharga mahal. Jika hanya untuk standby, maka bisa menggunakan generator yang berkualitas sedang dan dengan harga lebih terjangkau.

Jika generator bekerja diatas 12 jam per hari maka dapat dikategorikan sebagai pembangkit utama (prime). Jika hanya bekerja dibawah 6 jam perhari maka dapat dikategorikan sebagai standby.

Generator yang beroperasi kontinyu (continuous power) bermakna  hampir sama dengan pembangkit utama (prime), tetapi dengan fluktuasi daya yang lebih sedikit dan dengan daya lebih rendah sekitar 10% kurang dari prime.

Beberapa pabrikan mencantumkan daya untuk standby dan daya untuk prime, daya prime selalu lebih kecil dari daya standby karena pembangkit utama bekerja lebih lama.

Bahan bakar
Untuk ukuran kecil, berbahan bakar bensin lebih cocok, karena suaranya halus dan mudah distart. Tapi bensin mudah terbakar dan mudah meledak. Untuk itu perlu diperhatikan keamanannya.

Untuk ukuran besar, generator berbahan bakar solar lebih cocok. Generator dengan penggerak Diesel ini biasanya lebih irit dari pada berbahan bakar bensin. Solar juga tidak mudah terbakar dan tidak mudah meledak, sehingga aman walau disimpan dalam jumlah sangat besar.

Phase
Untuk kebutuhan rumah tangga cukup menggunakan phase tunggal, untuk industri 3 phase lebih baik karena beberapa alat industri membutuhkan suplai listrik 3 phase. Listrik 3 phase membutuhkan jaringan yang lebih rumit, tapi peralatan dengan 3 phase berukuran lebih kecil dari 1 phase walau berdaya sama.

Rumah
Umumnya generator kecil didesain tanpa penutup atau rumah, sehingga perlu dibuatkan bangunan khusus atau ditempatkan dalam gudang atau garasi. Ada juga yang didesain dengan rumah khusus yang menyatu dengan generator, agar tahan cuaca dan tidak berisik (silent generator), dan tentu saja lebih mahal, tapi tidak perlu membangun bangunan khusus untuk generator ini.

Penyambungan ke jaringan
Jika anda berniat menyambung generator anda ke jaringan listrik yang sudah ada dibangunan anda, maka harus ada switch untuk memilih sumber listrik. Jika generator tersambung pada jaringan yang dialiri listrik maka besar kemungkinan generator akan rusak. Anda tidak dapat mengklaim garansi jika generator rusak karena dialiri listrik dari jaringan.

Jika generator anda tersambung pada jaringan listrik kota disaat suplai listrik kota terputus, generator anda bisa kelebihan beban karena mensuplai ke jaringan kota. Jika pada saat jaringan listrik kota sedang diperbaiki dan generator anda terhubung dengan jaringan, tegangan listrik yang anda produksi bisa membahayakan pekerja yang memperbaiki jaringan listrik kota.

Sekring
Pastikan selalu menggunakan sekring yang benar. Sekring adalah alat sederhana dan murah dan sudah terbukti sangat membantu mencegah kecelakaan fatal.

No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site