Wednesday, December 21, 2016

Pistol Penunjuk Laser Dengan Sasaran Optikal





Penunjuk laser atau laser pointer pada foto di atas mempunyai gagang kayu sehingga bentuknya menjadi pistol laser. Laser diaktifkan dengan menarik picu. Terdapat sirkuit yang menggunakan kondensor agar menyalakan laser selama kurang dari 1/4 detik. Tampak seperti ada peluru yang dilontarkan, sebagaimana video berikut:


Dengan menggunakan saklar, laser dapat disetel agar bersinar terus-menerus jika perlu digunakan sebagai pointer, saat presentasi di kantor misalnya.

Sasarannya seperti terlihat di bawah ini, akan membelokkan sinar laser sehingga memproyeksikan bentuk garis pada dinding atau layar di belakang sasaran tersebut. Sehingga dapat diketahui jika sasaran terkena sinar laser. Jika tidak mengenai sasaran maka sinar laser akan terlihat membentuk sebuah titik pada dinding.

 

Pada video berikut sasaran akan memproyeksikan sinar laser berbentuk bintang jika tepat di tengah sasaran (bullseye)


Jika terkena bagian pinggir sasaran maka laser akan terproyeksi membentuk garis. Video berikut memperlihatkan cahaya laser pointer saat mengenai setiap bagian lensa sasaran.



Karena sinar lasernya masih bisa dinyalakan secara kontinyu, maka pistol laser ini tetap bisa dipakai sebagai pointer untuk presentasi.

No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site