Tuesday, May 22, 2012

Membuat Jus Jambu Biji Tanpa Membuang Daging Tengah



Biasanya untuk membuat jus jambu biji atau jambu kelutuk, daging bagian tengah yang mengandung biji dibuang. Tapi karena daging bagian tengah ini mempunyai rasa yang khas dan enak, maka sayang untuk dibuang. Volume daging tengah ini dapat mencapai sekitar 35% dari total daging jambu.

Beberapa spesies jambu kelutuk mempunyai biji yang lebih sedikit, seperti jambu biji merah dan jambu kristal.

Untuk memisahkan biji dari dari jus, bisa dilakukan dengan cara menyaring. Tapi untuk dapat disaring jus harus ditambah air yang banyak agar cukup encer untuk melalui saringan. Jus yang terlalu encer akan mengurangi rasa sehingga menjadi lebih hambar.

Cara lain untuk memisahkan biji dari daging tengah adalah dengan memotong-motong jambu hingga tipis, agar dapat dipisahkan bijinya dengan pisau.


Potong jambu biji memanjang, dari pangkal buah ke ujung buah. Potong memanjang lagi hingga cukup tipis, biasanya 1 jambu biji sudah cukup tipis jika dibelah menjadi 1/8 sampai 1/16 bagian. Semakin tipis akan semakin mudah membuang biji.


Pisahkan biji dari daging tengah dengan pisau, hati-hati agar tidak banyak daging tengah yang terbuang.


Masukkan jambu ke dalam blender dan putar. Tambahkan sedikit air agar blender dapat memutar jambu dengan lancar, biasanya cukup ¼ gelas air. Terlalu banyak air akan membuat jus jadi encer dan hambar.


Sebagaimana foto paling atas saya tambahkan es krim (vanilla chocolate) sebagai pelengkap jus. Bisa juga menambahkan madu sebagai pemanis. Untuk penderita diabetes madu tidak menjadi pantangan. Manisnya madu berasal dari fruktosa, yang jika masuk ke dalam tubuh dapat langsung diolah menjadi energi tanpa membutuhkan bantuan insulin untuk mengolahnya. Sebagaimana diketahui bahwa penderita diabetes disebabkan karena tubuhnya  kekurangan hormon insulin.

Jambu kelutuk mengandung vitamin C yang tinggi, 4 kali lebih tinggi dari jeruk. Banyak obat tradisional yang memakai bahan jambu kelutuk. Khasiat jambu kelutuk antara lain adalah: membantu penyembuhan demam berdarah (dengue), mengobati diare, sembelit (konstipasi), diabetes, tekanan darah tinggi, dan lain-lain.

Selamat mencoba dan menikmati jus yang kaya manfaat ini.

3 comments:

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site