Matched Content

Thursday, March 22, 2012

Menghitung Luas Tanah dengan Koordinat GPS


Berhubung banyaknya pembaca yang mencari referensi untuk menghitung luas tanah dan kelilingnya dengan data koordinat GPS (Global Positioning System) dan juga koordinat Google Maps, maka saya membuat software Excel khusus untuk keperluan tersebut. Download disini.

Cukup dengan menuliskan data bujur dan lintang dari setiap titik sudut tanah, maka program akan langsung menghitung luas dan kelilingnya. Agar tidak membingungkan, maka selalu gunakan arah jarum jam untuk mengurut titik-titik sudut tanah. Jika kebalikannya maka perhitungan luas akan negatif.

Baca juga cara Excel menghitung sudut (rumus trigonometri).

Pada gambar di bawah, saya mencoba menghitung luas dan keliling suatu area di sekitar Monumen Nasional (Monas, Jakarta). Terlihat koordinat GPS yang didapat dari koordinat Google Maps. Perlu diperhatikan bahwa koordinat Google Maps menggunakan data dengan urutan lintang-bujur.





Terlihat pada gambar di atas bahwa kapling tanah yang diukur berbentuk poligon tak beraturan segi delapan. Titik sudut yang digunakan sebagai starting point adalah titik paling kiri bawah, selanjutnya titik ini juga digunakan sebagai end point sehingga membentuk poligon segi delapan tertutup sehingga program dapat menghitung luas dan kelilingnya. Jadi total koordinat GPS yang diinput berjumlah 9 koordinat, karena starting point dan end point dititik yang sama. Koordinat diinput pada sel berwarna kuning dan diurut searah jarum jam. Di sebelah kanan ada grafik yang menggambarkan bentuk poligon yang diukur. Pada contoh ini luas poligon segi delapan adalah 231.339 meter persegi, dan lingkarannya adalah 1.782,7 meter




Video olahraga menembak pistol laser yang aman dilakukan di mana saja karena tidak ada peluru beterbangan.



Pada Excel software workbook terlampir, juga ada rumus untuk mengkonversi data GPS dengan format sexagesimal (derajat menit detik), menjadi desimal dan selanjutnya digunakan untuk menghitung luas dan keliling tanah yang berbentuk poligon beraturan dan tak beraturan.

Artikel ini berhubungan dengan artikel sebelumnya yaitu: perhitungan luas poligon dan menghitung jarak dengan GPS koordinat. Karena data GPS bisa diambil dari koordinat Google Maps, maka jarak Google Maps dari dua titik tertentu juga bisa dihitung dengan Excel software tersebut.

Perhitungan luas poligon ada dua artikel yang pernah saya tulis yaitu menggunakan metoda matrix dan metoda segiempat.

Metoda matrix agak sulit dipahami tapi rumusnya lebih sederhana. Ada juga artikel yang khusus membahas perhitungan keliling poligon.



Bus Udara Transportasi Masa Depan saran solusi transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tanggerang, yang cepat, bebas macet dan banjir. Helikopter Mil Mi 26 daya angkut 90 penumpang membuat ongkos ticketnya jadi terjangkau. Estimasi Rp 200.000 Bogor-Jakarta, Rp 100.000 Depok-Jakarta.


50 comments:

  1. Terima kasih banyak kepada Bp.Heru Maruza atas file excel-nya.
    Sangat membantu saya dalam menghitung luas area di Google Earth.

    Salam,
    Handoko

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali...Anda juga dapat menghitung luas tanah dengan menggunakan data GPS dari handphone, dilokasi tanah tersebut saat sedang meninjau lokasi properti.

      Delete
  2. mas untuk menghitung luas are dimana di formulanya di kash keterangan untuk merubah warna kuning , untuk kolom kuning ( radius ) bagaimana mencarinya , apakah perlu di rubah atau tidak ....terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada lembar 'area & perimeter' , cukup input pada kolom kuning Latitude dan Longitue (lintang dan bujur). Rumus pada kolom Area (luas) dan kolom Perimeter (panjang keliling) akan menghitung secara otomatis.

      Delete
  3. salam knal mas heru...
    yang ingin saya tanyakan saya mempunyai 3 titik koordinat saja,untuk menghitung luas y bgmn yh cara y mas?? boleh minta no HP y mas heru??

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tiga titik sama prosedurnya dengan lebih dari dari tiga titik, harap lihat di file terlampir di lembar 'area & perimeter', petunjuk tertulis di bagian bawah kanan.

      Delete
  4. mas mo nanya ,,, kalo sebuah segitiga siku-siku dengan sudut A 73 derajat, sudut B 17 derjat, karna siku tentu sudut C 90 derjat,, bisa ga kita cari jarak dari A-B ato B-C ato C-A ,,, mohon bantu ya mas,, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai rumus Phytagoras untuk menghitung sisi, jika dua sisi diketahui panjanganya maka sisi ke tiga dapat dihitung denga rumus Phytagoras tersebut.

      Cara lain dengan menggambarkan segitiga tersebut dikertas koordinat, sehingga panjang tiap sisi diketahui, lalu dengan menggunakan skala dapat dihitung panjang sisi-sisi segitiga aktual.

      Silakan baca juga artikel tentang keliling poligon di alamat berikut:

      http://maruzar.blogspot.com/2011/12/keliling-poligon-tak-beraturan-dan.html

      yang dapat menghitung panjang sisi-sisi segitiga dengan memasukkan koordinat-koordinat pada lembar Excel yang sudah mengandung rumus. Prinsip yang sama digunakan juga untuk menghitung koordinat GPS

      Delete
  5. selamat malam.
    saya tertarik dengan program excel ini.
    tetapi pada bagian area dan parimeter saya masih bingung fungsi nilai x dan y, kenapa harus dirubah kedalam bentuk x,y?
    yang ingin saya tanyakan, adakah artikel khusus yang membahas hal tersebut.

    terima kasih mas heru. :)

    ilham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yth Ilham
      Karena pengukuran luas biasanya dilakukan dengan koordinat x dan y, jadi ini hanya untuk memudahkan pemahaman dan memudahkan mencari data yang salah jika salah input.

      Rumus pada Excel akan mencari panjang x dan y dari koordinat 2 titik, lalu menghitung luas dengan prinsip menghitung luas poligon seperti dibahas diartikel

      http://maruzar.blogspot.com/2011/12/menghitung-luas-poligon-tak-beraturan.html

      Delete
  6. Terima kasih banyak kepada Pak Heru, ini sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  7. trimakasih pak, semoga menjadi amal baik. saya share posting ini di blog saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon alamat asal kutipan dicantumkan..Salam, Heru

      Delete
  8. Thank berat..ini dia yang selama ini saya cari cari..dido'akan masuk sorga karena banyak amalnya. Ini yang namanya ilmu yang bermanfaat dan akan mengalir sampai akhir jaman. Aamiin..wass

    ReplyDelete
  9. Nuhun pisan. Ini yang selama ini saya cari2. Dari hati yg paling dalam dido'akan semoga masuk surga atas ilmu yang bermanfaat sampai akhir jaman. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya artikel ini adalah cloud data, tapi karena tidak mengandung hal-hal pribadi maka saya putuskan untuk dipublikasikan...Jadi semua orang bisa meng-akses cloud data ini...Smoga bermanfaat, Heru

      Delete
  10. Trims bangetss ya, semakin dibagikan semakin banyak ilmu yang diperoleh Bapak Heru Maruza

    ReplyDelete
  11. Sangat membantu,,thanks aplikasi nya mas Heru Maruza

    ReplyDelete
  12. mas mau nanya kalau ingin membuat garis link dari node A ke node B via excel yang nantinya akan di convert to kml apakah ada rumus atau caranya?

    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibaca di artikel berikut yang membahas hal tersebut:

      https://www.earthpoint.us/ExcelToKml.aspx

      Delete
  13. Terimakasih Mas Heru Maruza..
    Semoga jadi ilmu yang bermanfaat :)

    ReplyDelete
  14. Mas Heru Maruza,
    Saya mau nannya, Untuk menghitung Luas area Poligon peta menggunakan titik koordinat GPS menggunakan Rumus apa namanya? Saya binggung untuk skripsi saya belum ketemu Rumusnya!.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumusnya sama dengan luas poligon, tapi untuk area pada bola maka harus dikalikan faktor, karena semakin ke arah kutub luas area akan semakin kecil. Artikel ini berhubungan juga dengan artikel heading dan bearing, di artikel tsb dijelaskan bentuk bola akan berpengaruh pada koordinat cartesian (X,Y).

      Delete
    2. selamat malam mas,
      saya ikut bergabung karena kasus saya sama persis dengan mas basuki..
      saya sudah menghitung manual (dengan menggunakan pita meter) dan menghitung menggunakan titik koordinat GPS dengan rumus2 yang sudah ada, tp hasilnya msh tetap jauh berbeda. kira2 bagaimana ya mas??
      mohon pencerahannya atau ada email yang mungkin bisa saya hubunggi..

      terimksh

      Delete
    3. Mungkin kesalahnya pada akurasi data. Data GPS mempunyai tingkat akurasi. Biasanya GPS pada handphone kurang akurat jika dibandingkan dengan GPS untuk pengukuran tanah (surveyor). Cara mudah untuk crosscheck data, bisa dengan membuka google maps untuk check koordinatnya.

      Delete
    4. Selisih perhitungan bisa terjadi krn: radius bumi (lebih panjang di atas gunung), lebih pendek di muka laut, pembulatan angka, dll

      Akurasi GPS umumnya sekitar 1-5 meter, bahkan bisa lebih, harap baca:

      http://communityhealthmaps.nlm.nih.gov/2014/07/07/how-accurate-is-the-gps-on-my-smart-phone-part-2/

      Delete
  15. Keren INFOnya,,,dan sangan membantu buat para pelajar dengan menggunakan GPS dan pengukuran lahan,trimakasih atas INFONYA

    ReplyDelete
  16. Mas Heru saya bingung mengenai satuannya apa (file Irregular & Regular Polygon Calculation), saya coba masukkan X=638878, Y=9742885 (ada beberapa koordinat saya masukkan), setelah selesai keluar total area & total perimeternya tetapi tidak tau satuannya apa. Terima kasih atas bantuan & jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara matematika satuan output akan mengikuti satuan input, jika koordinat satuanya meter maka luas satuanya adalah meter persegi, kelilingnya meter, jika inputnya mile maka luasnya adalah square mile.

      Delete
  17. Akhirnya Ketemu juga ni rumus, Thank's gan ilmunya.

    ReplyDelete
  18. Numpang tanya ni gmn cara mengetahui tanah saya ada di tengah hutan tapi saya tau batas2 tapi bentuk tanah saya tidak tau... Gmn cara mengunakan gps terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika tanahnya cukup besar, lebih dari 500m persegi, dan tanda batasnya juga besar, misalnya berbatasan dengan: sungai, jalan, batu besar, dll. Maka bisa dilihat dengan jelas di google maps. Data titik-titik batas bisa didapat dari googlr maps dan kemudian dihitung luasnya sebagaimana dibahas di blog ini. Ada juga beberapa situs internet yang dapat langsung menghitung luas tanah melalui google maps. GPS saat ini sangat populer dan mudah digunakan mengikuti prosedur alat tersebut. Gps pada smartphone seharga kurang dari 1 juta cukup akurat sampai beberapa meter.

      Delete
  19. salam kenal mas Heru Maruza..web download ngga bisa akses mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi ini saya coba tidak bermasalah, mungkin jaringan lagi sibuk pas kamu download di jam kantor.

      Delete
  20. kalau buat mengukur luas hutan bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saja prosedurnya, yang penting ada titik-titik koordinatnya. Titik-titik tersebut bisa diambil dari google maps kalau kelihatan batas-batasnya oleh satelit.

      Delete
  21. Sore mas,
    Saya sudah menggunakan aplikasi exel yang telah mas share di blog..

    Saya mencari titik kordinat dengan GPS Garmin 64s dengan format position UTM,
    Trus saya coba konver gak bisa mas?
    trus yang untuk RADIUS itu di isi apa y mas?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba konversi yang ada di alamat berikut:

      https://www.engineeringtoolbox.com/utm-latitude-longitude-d_1370.html

      Delete
  22. Sangat bermanfaat, semoga tuhan menjadikan amal baik...terimakasih banyak
    btw penentuan titik koordinat bisa pakai aplikasi kompas di hp ya pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aplikasi GPS, biasanya di hand phone Android bisa gunakan aplikasi google maps.Sedangkan aplikasi kompas setahu saya agak sedikit berbeda, karena menunjukkan arah bukan posisi.

      Delete
  23. pak heru salam kenal,,
    Saya ada tugas mau menentukan patok tanah yang sesuai sertifikasi,,
    1. panjang lebar bisa saya ukur dari skala yang ada di sertifikat
    2. yang mau saya tanya,, cara menghitung derajat yang ada di sertifikat apakah cukup dengan kompas saja ?
    agar posisi tepat tanah sesuai dengan sertifikat
    mohon maaf pak heru amatir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung tingkat akurasi yang diinginkan. Pakai kompas cukup akurat jika titik patokan terlihat jelas, dan semakin jauh jaraknya justru akan semakin akurat sudutnya, tapi akan semakin susah melihat patokan tersebut. Kalau perlu yang sangat akurat maka biasanya menggunakan alat khusus yaitu Total Station Theodolite (TST) sering juga disingkat saja jadi Total Station (TS), mereknya: Topcon, Hilti, Leica, Geomax Sokkia, dll. Harganya sangat mahal, merek Sokkia contohnya dapat mencapai 280 juta. Dapat mengukur sudut sampai akurasi 0,5 arc second = 0,5 x 1/3600 derajat.
      Agar murah dan akurat bisa menyewa juru ukur (surveyor).

      Delete
  24. Boleh minta penjelasannya min. Bagaimana cara merubah koordinat ke x dan y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koordinat x dan y adalah data bujur dan lintang dari GPS

      Delete
  25. saya masih belum paham, akan tetapi akan saya pelajari. saya suka ini.
    pertanyaan : pada perintah =IF(C11&B11<>"";(B11-B$10)/360*$F$7;0) ini.
    tanda <>"" memerintahkan apa ya ?
    Terima kasih atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya jika sel C11 dan B11 ditulis, maka rumus di sebelah titik koma (;) akan digunakan, dengan kata lain program akan menghitung. Tanda <>"" mirip dengan <>0 (tidak sama dengan nol), tapi jika menggunakan <>0 maka sel yang kosong (tidak ditulis) juga akan dihitung.

      Delete
  26. mas mau tanya untuk kolom radius perlu diganti gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya tidak perlu, kecuali jika betada di kutub utara atau selatan, atau berada di gunung tinggi

      Delete

  27. Also some people will have radon or pest inspections performed within the same way.
    HVAC Woodstock GA

    ReplyDelete

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site