Thursday, December 1, 2011

Volume cairan di tangki silinder horizontal


Jika anda mempunyai tangki silinder yang letakkan horizontal dan anda perlu menghitung jumlah volume zat cair yang ada di dalamnya maka rumus ini dapat membantu anda. Saya gunakan rumus ini untuk menghitung volume solar atau oli di dalam tanki silinder horizontal.


Rumus ini hanya akurat jika:
· Tangki berbentuk silinder bulat, bukan oval.
· Ujung-ujung tangki berbentuk datar, tidak melengkung (cembung maupun cekung).
· Tangki berada pada tempat yang datar (rata air).
· Gunakan pengukuran di bagian dalam tangki, terutama jika material kulit tangki sangat tebal.
· Alat pengukur kedalaman cairan harus benar-benar tegak lurus atau vertikal

Tangki silinder yang diletakkan horizontal cukup popular beberapa kelebihan dibanding tangki vertikal, diantaranya:
· mudah dibangun
· mudah diangkut truck
· mudah di installasi di lokasi kerja
· tidak terlalu tinggi sehingga mudah diangkat derek
· tidak rentan sambaran petir
· mudah dipanjat untuk pemeliharaan dan pengecheckkan.

Rumus yang digunakan untuk menghitung volume di dalam tangki menggunakan rumus Phytagoras dan Trigonometri untuk menentukan luas bidang ujung-ujung tangki yang terendam cairan di dalam tanki. Sehinga luas bidang ujung tangki yang dikalikan dengan panjang tangki menghasilkan volume cairan di dalam tangki.

Excel program ini mencakup formula dan tabel persentase kedalaman cairan terhadap kedalaman maksimal untuk setiap 5% kenaikan kedalaman cairan, untuk dibandingkan dengan persentase volume cairan. Pada grafik terlihat bahwa persentase volume tidak liner sebagaimana persentase kedalaman. Hal ini perlu dipertimbangkan jika anda harus menentukan nilai minimal dan maximal stock.

17 comments:

  1. saya juga kerja di gudang bag. BBM. nah terkadang saya tekor karna solar dari pertamina tidak sesuai DO. sebenernya apa yang membuat ada selisih hitungan DO pertamina 20000L saya hitung lg cuma 19rbuan liter?

    selisih 1,5% an
    saya juga minta formulanya ya.
    indahfebugm@gmail.com
    thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena solar tersebut berpindah-pindah, dari Pertamina ke truk, dari truk ke tanki anda, bisa terjadi kesalahan di setiap pemindahan (transfer).

      Semakin besar tanki maka akan semakin tinggi kesalahan pengukuran. Contoh 1% dari tanki 1.000 liter adalah 10 liter, dan 1% dari tanki 20.000 liter adalah 200 liter. Jadi akurasi akan lebih tinggi jika fuel farm anda memakai beberapa tanki kecil, dari pada memakai hanya satu buah tanki besar. Demikian pula pada tanki pada truk.

      Untuk itu tanki truk dan tanki fuel farm anda perlu dikalibrasi secara akurat oleh pihak yang independen dan terpercaya.

      Pengukuran tinggi solar (dipstick) dilakukan pada tanki truk sebelum solar dibongkar / dikeluarkan. Jika tanki anda tidak jauh lebih besar dari tanki truk, maka tanki anda juga dapat dijadikan patokan.

      Solar dibongkar melalui alat pengukur volume (flowmeter) yang sudah dikalibrasi, merk Tokico biasanya dapat diandalkan. Saya mengandalkan pengukuran dengan flowmeter untuk nilai pembayaran pembelian solar. Karena tanki saya mencapai 100.000 liter, sedikit salah mengukur tinggi solar di tanki maka sangat besar selisihnya.

      Flowmeter yang bagus mahal harganya, tapi tidaklah mahal jika dibanding nilai solar yang diukur.

      Sebaiknya pada perjanjian kontrak pembelian dan pengiriman solar, dicantumkan bahwa pembayaran dilakukan berdasarkan volume solar yang anda terima. Cara pengukuran sudah disepakati bersama.

      Dengan demikian anda tidak dirugikan dan pihak pengirim akan berhati-hati.

      Delete
  2. MAs tolong dong share rumusnya ke saya, saya juga lagi pusing nih ngitung stock minyak yg dalam tangki seperti itu. ni alamat email saya. "sabilaipal@gmail.com" terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagaimana tercantum di lembar excel, rumusnya adalah:

      =[ r * r * ACOS((r-d)/r) - (r-d) * (((2*r*d)-(d*d))^(1/2) ] * p

      dimana:
      r = radius penampang tanki
      d = kedalaman cairan dari dasar tanki ke permukaan cairan
      p = panjang tanki

      Jika lembar excel tersebut diunduh, maka cukup memasukkan data yang dibutuhkan pada sel berwarna kuning dan hasil perhitungan langsung didapat.

      Delete
  3. Seperti sdri salsabila diatas, saya juga butuh sekali lembar ini buat menghitung stok solar, kalau tidak keberatan mas Heru tolong kirim lembar excelnya ke email saya, arulfrea@gmail.comSoalnya saya tidak bisa mengunduh lembar excel diatas.Sebelumnya terimakasih mas.April 26, 2014 at 7:49 PM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa kok tidak bisa yaa? Saya coba dari komputer lain dan dari warnet tidak ada masalah..Dokumen excel sudah dikirim via email

      Delete
    2. Iya mas, sudah saya unduh.
      Terimakasih banyak :)

      Delete
  4. Selamat sore, mas punya perhitungannya untuk volume tanki elips dengan ujung elips? minta tolong dishare dan di email ya ke driealsilaksana@gmail.com. Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Mas, saya tidak bisa mengunduh excelnya, bisa kirim ke email saya anthonyus.er.p@gmail.com.

    ReplyDelete
  6. assalamuallaikum..maaf mas saya tidak bisa mengunduh rumus excelnya. bisa tolong kirimkan ke email saya ga mas. egi_nugs@yahoo.co.id . trimakasih

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum mas heru,

    Mohon pencerahannya, tangki saya berbentuk bulat, diameter 174 cm, dan panjang 417 cm, saya menggunakan rumus excell yg mas heru post, namun, ketika saya isi solar sebanyak 8.000 liter pada tangki saya, dan saya sounding menggunakan dipstick, di dapat kedalaman cairan adalah 112cm, setelah di masukan ke excell, volume menjadi 7.000 liter saja, sedangkan solar masuk 8.000 liter, mohon babtuannya mas

    ReplyDelete
  8. Mungkin tanki silindris tersebut berujung elips, kedua ujung tanki tidak rata, tapi melengkung. Silakan baca di artikel tanki silinder berujung elips.

    Atau tanki tersebut penampangnya elips buka silindris, penjelasan dapat dibaca di artikel tanki horizontal berpenampang elips. Secara sekilas tanki elips bisa tampak seperti tanki silindris, jadi perlu diukur diameter horizontal dan diameter vertikalnya.

    ReplyDelete
  9. Mas heru rumus yg diatas kan menggunakan interval 4%, gmn cara merubahnya ketika tidak perlu menggunakan interval... Mohon pencerahanx mas, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intervalnya 5%, biasanya sudah cukup akurat. Jika menggunakan interval yang lebih kecil misal 1%, bisa dilakukan dengan menambah baris pada tabel. Gunakan prosedur Copy-Insert Copied Cells dari menu Excel.

      Delete
    2. Selamat pagi Pak Heru,Pak saya mau tanya kalau untuk kapasitas tangki iso tank apakah sama perhitungannya,kalau berkenan boleh saya izin mengunduh rumus excelnya, email saya isetiawan79@hotmail.com terimaksih

      Delete
    3. Setau saya ISO tank atau ISO container adalah tanki silindris horizontal dengan ujung agak melengkung atau elips. Jadi harap merefer ke artikel yang membahas tanki silindris horizontal berujung elips. Lembar excelnya dapat langsung diunduh dari artikel tersebut. Salam

      Delete

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site