Friday, December 9, 2011

Tangki Horizontal Silindris berujung Bola (Tangki Kapsul), Kalkulasi Volume


Tangki dengan berbentuk silinder horizontal dengan kedua ujung melengkung membentuk bola banyak digunakan pada sistem bertekanan. Secara teoritis tangki berbentuk bola dua kali lebih kuat dari pada tangki silindris. Tapi tangki berbentuk bola sangat sulit dibuat dan mahal. Oleh karena itu maka dibuatlah tangki silindris dengan kedua ujung atau kepala berbentuk bola, untuk meningkatkan kekuatan tangki tapi biaya pembuatannya tidak terlalu mahal.

Program Excel terlampir dapat menghitung volume cairan untuk setiap ketinggian cairan di dalam tanki silindris horizontal dengan kedua ujung berbentuk bola. Pada tabel dan grafik terlihat bahwa persentase volume tidak mengikuti garis liner. Hal ini perlu diperhatikan jika anda perlu menentukan nilai minimal dan maximal stock.

Rumus yang digunakan mirip dengan rumus pada tangki silindris horizontal dengan kedua ujungnya rata. Hanya ada penambahan untuk menghitung volume pada bagian bola di kedua ujungnya. Jika panjang bagian silindris ditiadakan atau nol, maka rumus akan menghitung volume di dalam tangki yang berbentuk bola.

Gunakan hanya pengukuran di bagian dalam tangki, terutama jika tangki dengan material kulit yang tebal.


a = radius bola = setengah ( ½ ) diameter silindris
h = kedalaman cairan di dalam tangki
L = panjang bagian silindris dari tangki
D = diameter bagian silindris tangki

No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site