Friday, November 4, 2011

Warna Dalam Hidup Anda


Mata manusia mampu mengenali dan membedakan jutaan warna. Dalam kehidupan kita sehari-hari, dari sejak nenek moyang kita bisa melukis di dinding gua batu, ternyata hanya ada tiga warna yang paling populer yaitu: merah, putih, dan hitam. 

Ketiga warna tersebut tidak membuat orang mudah bosan dan tidak mengenal musim, zaman, ataupun mode. Sehingga ketiga warna tersebut sering digunakan untuk produk-produk yang harus dipakai bertahun-tahun, seperti: rumah, kendaraan, beberapa jenis pakaian, perangkat elektronik, perabot rumah, dan lain-lain.


Merah     
Merah adalah warna darah, api dan dihubungkan dengan semangat, kekuatan, kekuasaan, energi, cinta. Warna ini sudah populer sejak zaman purbakala, ditandai dengan adanya lukisan-lukisan pada gua batu yang dicat merah dengan oker.

Karena mudah terlihat dan atraktif, warna merah digunakan untuk: tanda berhenti (stop sign), lampu merah, pemadam kebakaran dan peralatannya, pintu darurat, berbagai tanda bahaya.

Warna merah melambangkan energi, ketertarikan, kegembiraan, sehingga banyak digunakan untuk warna kendaraan, pakaian wanita, lipstick, cat kuku, minuman dan suplemen, dll.

Warna merah melambangkan semangat, keberanian, keteguhan hati, banyak simbol menggunakan warna merah,  banyak negara menggunakannya pada bendera. Ada penelitian yang menunjukan bahwa petinju yang memakai kostum merah lebih sering menang.

Tapi warna merah muda (pink) saat ini dianggap sebagai kelembutan.

Oranye adalah perpaduan merah dan kuning, sering digunakan untuk warna kemasan produk makanan dan warna restoran, karena memberi efek lapar dan menambah selera makan pada orang yang melihat warna oranye.



  Putih
Warna putih diasosiasikan dengan awan, salju, cahaya, tulang dan gigi, kebersihan, keaslian, kesucian, keperawanan, kesempurnaan, Tuhan.

Dulu manusia melukis dinding gua batu dengan warna putih dari kapur.

Warna ini biasa dipakai pada: sabun dan berbagai produk kebersihan, warna rumah sakit, warna rumah ibadah. Untuk warna putih untuk cat rumah tinggal masih sangat populer walau sudah berbagai macam warna tersedia.

Warna perak (silver) adalah mirip dengan putih, cukup populer untuk warna: kendaraan, perhiasan, peralatan makan, peralatan kedokteran, dll.



 Hitam 
Warna hitam diasosiasikan dengan kekuasaan, formalitas, kematian, misteri, gelapnya malam.

Di zaman purbakala warna hitam didapat dari campuran arang, mangan hitam (black manganese), dll.

Karena tampak seperti gelapnya malam, warna hitam sering dihubungkan dengan hal-hal negatif seperti: penyihir, setan, malaikat maut, dll.

Warna hitam digemari untuk: pakaian pria (jas), warna kendaraan, peralatan elektronik, sepatu, payung, dll.

Karena warna ini tidak menyolok, maka sering digunakan sebagai warna latar belakang pada fotografi, orang gemuk akan nampak lebih kurus jika memakai warna hitam.


Warna hitam adalah warna yang paling mudah dipadukan dengan warna apapun, terutama pada pakaian.


Henry Ford pendiri Ford Motor Company berkata “Siapa saja bisa mendapatkan mobil yang dicat berwarna apa saja asalkan itu adalah warna hitam”





Photografi dengan warna hitam putih, silhouette, masih populer saat ini walau kamera sudah mampu merekam berjuta warna.




Sekarang ini kita dapat melihat di jalan ada 3 warna yang paling populer untuk mobil: hitam, perak, dan merah.

Kesimpulan, jika anda sedang mencari cat ataupun warna, sebaiknya mempertimbangkan 3 warna terpopular diatas.





No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site