Monday, November 14, 2011

Wadah Makanan yang Aman bagi Microwave


Beberapa wadah tertutup dapat pecah kerena tekanan uap saat di microwave. Busa plastik mempunyai kantung-kantung udara yang tidak aman jika di microwave. Jangan menggunakan styrofoam di dalam microwave.

Beberapa jenis plastik dapat menyerap energi microwave dan menjadi sangat panas sehingga tidak aman. Tapi saat ini ada beberapa wadah plastik yang mencantumkan keterangan aman bagi microwave. Wadah yang aman umumnya adalah terbuat dari gelas atau keramik yang dapat dilalui atau tembus gelombang microwave.

Semua benda metal seperti sendok, garpu, alumunium foil, akan bekerja seperti antenna jika dimasukkan ke dalam microwave sehingga akan mengalirkan arus listrik dan jika ada bagiannya yang runcing maka akan menimbulkan bunga api listrik. Benda metal itu juga akan bekerja seperti elemen pemanas. Efek ini bisa berbeda untuk setiap benda metal, bergantung pada bentuk dan komposisinya. Sekarang ini ada beberapa benda metal yang memang didesain untuk digunakan di dalam microwave oven.

Produk dengan simbol dibawah ini dinyatakan aman bagi microwave




Sedangkan simbol di bawah ini menyatakan TIDAK aman bagi microwave




Beberapa produk menyatakan aman bagi microwave dengan gambar sketsa microwave, kadang disertai dengan pernyataan tercetak pada produk tersebut.



Beberapa organisasi mempelajari lambang-lambang daur ulang untuk menentukan suatu produk aman bagi microwave, umumnya lambang daur ulang tipe 5 dianggap aman bagi microwave.


No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site