Tuesday, November 1, 2011

Relax dan Saran untuk Tidur Nyaman dan Nyenyak


Tidur adalah cara tubuh beristirahat secara alami. Saat tidur organ-organ tubuh beristirahat, dan memberi kesempatan untuk perbaikan bagian-bagian tubuh yang rusak. Berikut beberapa saran untuk menikmati tidur dengan nyaman dan nyenyak:

Lakukan gerak badan dengan minimal berjalan kaki 30 menit sehari. Hal ini dapat dicapai dengan: menggunakan tangga menggantikan lift atau elevator, tidak menggunakan kendaraan untuk jarak pendek, dll. Berenang cukup efektif untuk membuat tidur nyenyak. Anda akan mudah mengantuk jika anda lelah secara fisik, tapi lelah mental bisa menyebabkan sulit tidur.

Jangan makan terlalu kenyang, makanlah sekitar dua jam sebelum tidur, agar pencernaan tidak sibuk dan bekerja lembur saat anda tidur. Beberapa orang mengalami mimpi buruk jika tidur dengan perut kekenyangan. Sebaiknya menu makan malam adalah makanan yang mudah dicerna seperti sayuran dan buah-buahan. Kangkung (Ipomoea aquatica) dapat membantu anda mengantuk dan tidur nyenyak.

Minum secukupnya di malam hari, kurang minum membuat anda terbangun kehausan, terlalu banyak minum membuat anda terbangun ingin kencing, juga membuat ginjal kerja lembur. Sebaiknya hanya minum air putih pada malam hari, untuk mencegah ginjal kerja lembur.

Relax sebelum tidur, inilah menurut saya kunci utama tidur nyenyak. Hindari pekerjaan yang membuat anda penasaran sehingga pikiran tetap terkonsentrasi pada pekerjaan tersebut dan membuat sulit tidur.

Hindari menonton film yang membuat anda penasaran sehingga lupa tidur, seperti film: horor, action, mistery, dll. Film komedi biasanya dapat membuat relax sehingga mendatangkan kantuk. Slow music juga dapat membantu mengantuk.

Aktifitas dengan komputer dan internet dapat membuat anda lupa tidur, jadi hindari menggunakannya sebelum tidur.

Membaca bacaan yang ‘berat’ dapat membuat anda lupa tidur, bacaan ‘ringan’ seperti lelucon membantu anda relax. Sebaiknya hindari membaca di tempat tidur, selain merusak mata juga membuat membuat pikiran anda terus berkonsentrasi dan lupa tidur.

Bersihkan badan, sikat gigi, dan gunakan pakian yang longgar berwarna cerah dan lembut. Beberapa orang merasa relax sesudah mandi air hangat, lalu mengantuk dan tidur pulas.

Tidur terjadwal rutin setiap hari, sehingga tubuh akan otomatis merasa ngantuk lalu tertidur pada jam yang sama, dan terbangun secara otomatis pada jam yang sama di pagi hari walau tanpa weker.

Kamar yang sederhana dengan warna yang cerah dan lembut adalah lebih baik, karena membuat anda relax. Hindari menumpuk banyak barang di dalam kamar, jikapun terpaksa tutupi barang-barang tersebut agar ruang tidur nampak sederhana. Barang-barang dikamar dapat membuat anda terkonsentrasi pada barang tersebut dan lupa tidur. Atur suhu ruang agar tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Selimut yang terbuka atau terbelit akan mengganggu tidur, pastikan suhu ruang tidak terlalu dingin, beberapa orang lebih nyaman jika tidur dengan pakaian minim, tanpa selimut.

Untuk tidur, lampu redup lebih baik dari pada terang benderang, gelap adalah yang terbaik tapi ada orang yang mengidap Achluophobia (takut kegelapan).

Berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena Tuhan mengetahui semua yang terjadi pada diri anda, Tuhan mengetahui harapan-harapan anda, Tuhan mengetahui semua persoalan anda dan tidak membiarkan anda. Bersyukurlah karena lebih banyak hal-hal yang bisa disyukuri dari pada hal-hal yang dikeluhkan. Jangan takut dengan apa yang akan terjadi pada diri anda besok, anda bisa hadir di dunia tanpa harus memikirkan bagaimana prosesnya, anda tidak tahu dimana anda sebelum lahir, semuanya adalah kekuasaan Tuhan. Ini membuat anda relax dan tertidur nyenyak, besok paginya anda mempunyai semangat dan kekuatan baru serta pikiran yang jernih untuk menyelesaikan persoalan anda.

Selamat tidur dan mimpi indah....

No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site