Friday, November 11, 2011

Mengkukus, merebus, menggoreng, membakar, cara memasak mana yang terbaik?


Proses manakah yang paling baik dan rendah resiko untuk memasak makanan?

Mengkukus lebih baik dari merebus karena lebih sedikit nutrisi yang rusak dan diserap air. Mengkukus lebih baik dari menggoreng karena tidak butuh minyak goreng sehingga rendah kandungan lemak. Makanan tidak akan gosong jika dikukus. Tumis cukup baik karena hanya butuh sedikit minyak goreng.

Semua daging, termasuk ayam, ikan dan makan laut, dapat menghasilkan zat-zat karsigonik heterocycly amines (HCAs), pemanasan suhu tinggi pada protein pada daging otot akan menghasilkan zat kimia HCAs ini yang dapat menyebabkan kanker. Jadi semua proses memasak yang menggunakan panas tinggi seperti membakar dan menggoreng, akan menaikkan resiko terkena kanker. Pemanasan dibawah 400 derajat Fahrenheit atau 204 derajat Celsius bisa mengurangi resiko ini, dan tentu saja akan membutuhkan waktu lebih lama. Merebus dan mengkukus tidak akan mencapai temperatur tinggi, hanya sekitar 100 derajat Celsius atau sama dengan panas air mendidih.

Menggoreng makanan dapat mencapai temperatur 350 derajat Fahrenheit atau 175 derajat Celsius, yaitu titik didih minyak goreng yang umum ada di pasaran. Jadi temperatur makanan gorengan lebih tinggi dari makanan rebusan.

Umumnya panci tekan (pressure cooker) memiliki pengaturan tekanan kerja 15 psi. Pada tekanan ini air mendidih pada 122 ° C (252 ° F) temperatur ini masih cukup rendah sehingga panci tekan cukup aman dari resiko membentuk senyawa karsinogen. Tekanan yang tinggi di dalam tanki akan mempercepat proses pematangan dan membuat makanan lebih empuk.

Memasak dengan microwave juga cukup baik, karena gelombang radio pada microwave menggetarkan molekul air yang dikandung makanan sehingga menaikkan temperatur air yang terkandung di dalam makanan, jadi temperatur makanan berkisar pada titik didih air yaitu 100°C.

Memanasi gula dengan lemak dan protein dapat menaikkan resiko penuaan dini dan diabetes. Hindari mencampur gula, lemak dan protein saat memasak.

Makanan paling baik adalah dengan makanan yang dimakan mentah. Tapi harus dicuci dengan baik. Memakan makanan mentah umumnya hanya dilakukan pada buah-buahan dan sayuran saja.

No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site