Wednesday, October 12, 2011

Menurunkan Tensi Darah


Setahun lalu ketika saya terkena Chikungunya, saya memeriksa tensi dan dokter mengatakan 130/80, saya check sendiri di rumah ternyata kadang dapat mencapai 140/90. Saya terkejut karena biasanya hanya di kisaran 110/70 atau 120/80. Sejak itu saya mulai mencari informasi di internet tentang cara menurunkan atau menormalkan tekanan darah. Saya check tekanan darah hampir setiap hari, kebetulan saya punya tensimeter di rumah yang sebelumnya jarang digunakan.

Beberapa info internet menyarankan meminum sari buah noni (mengkudu, pace) yang banyak tersedia di pasaran dalam bentuk kapsul. Ada juga saran memakan buah timun, minum air kelapa muda yang masih sedikit dagingnya, dll.

Saya mencoba dua merk kapsul sari buah noni, salah satunya cocok dan berhasil menormalkan tekanan darah setelah sekitar 2 minggu. Berhubung di depan rumah ada pohon noni, maka saya coba memakan daun noni mentah. Saya pilih yang berukuran panjang sekitar 10 cm, jika terlalu kecil kurang berserat, jika terlalu besar sulit dicerna dan pahit. Dan ternyata setelah beberapa minggu tekanan darah bisa terjaga normal.

Saya juga mencoba dengan jalan kaki selama 30 menit sehari atau sekitar 2-3 kilometer sehari. Cara ini yang paling ampuh, mudah dan murah. Tensi bisa normal hanya berselang satu hari. Mungkin karena berjalan kaki menyebabkan urat di kaki menjadi lentur dan dapat mengakomodasi tekanan darah. Saya coba latihan angkat beban dengan tangan tapi tidak berhasil menormalkan tekanan, mungkin karena urat di tangan tidak sebesar dan sebanyak di kaki. Jogging juga bisa menormalkan tekanan tapi jantung jadi berdebar, effeknya buruk bagi yang lemah jantung. Anda dapat mencapai 30 menit jalan kaki per hari dengan cara tidak menggunakan lift, elevator, dan tidak menggunakan kendaraan untuk jarak dekat.

Cara lain adalah dengan berpuasa, paling tidak selama satu hari. Hasilnya dapat terasa keesokan harinya.

Beberapa makanan lain yang saya coba dan dapat menormalkan tensi adalah: timun, apel, agar-agar.

Kurangi makan daging merah, perbanyak makan sayur dan buah-buahan.

Makanan rebusan adalah lebih baik dari gorengan.

Tentu saja selain hal-hal tersebut diatas, saya juga membatasi makan garam. Karena garam sangat menyerap air, kandungan garam dalam darah akan menyerap air sehingga pembuluh darah jadi penuh dan menaikkan tekanan darah.


No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site