Monday, October 31, 2011

Penyuling Air Sederhana Tenaga Surya


Jika anda tinggal di tepi laut, di saat kebanjiran, kesulitan mendapat air bersih, tapi banyak tersedia air kotor atau air laut di sekitar anda, mungkin penyuling air sederhana ini dapat membantu.Penyuling air tenaga surya ini memanfaatkan barang-barang yang biasanya ada di rumah seperti: baskom, lembar plastik transparan, tali, mangkok, dll.


Penyuling ini bekerja dengan memanfaatkan panas matahari yang menembus plastik transparan dan menguapkan air kotor dalam baskom. Sebaiknya baskom berwarna hitam atau gelap agar dapat maximal menyerap panas.

Uap air akan mengembun pada plastik transparan, air embun lalu meluncur dan mengucur pada mangkok penampung air distilasi.

Air distilasi adalah air suling dan dapat langsung diminum. Tapi karena air distilasi adalah air murni tanpa kandungan mineral, maka sebaiknya mengkonsumsi suplemen mineral jika anda terlalu sering meminum air distilasi, untuk menambah asupan mineral. Jika tidak maka dalam jangka panjang gigi dan tulang dapat keropos (osteoporosis).

Air distalasi ini dapat digunakan untuk menambah air aki kendaraan.

Jika hujan maka air hujan akan otomatis tertampung pada bagian atas lembar plastik transparan.

Produksi air distilasi tergantung pada luas baskom dan panas matahari, diperkirakan dapat mencapai ½ liter per hari dengan baskom diameter sekitar 50 cm. Semakin luas baskomnya semakin besar panas matahari yang diserap sehingga makin banyak air destilasi yang diproduksi.

No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site