Matched Content

Saturday, October 22, 2011

Lucu tapi Nyata


Levi Strauss & Co adalah pembuat celana jeans pertama untuk digunakan sebagai pakaian kerja oleh pekerja pada: tambang, penebangan kayu, kereta api, koboi, dll. Pakaian jeans saat ini menjadi pakaian modis yang digunakan oleh berbagai kalangan, baik pria maupun wanita, tidak lagi hanya sebagai baju kerja.

‘Rod wax’ adalah suatu residu yang harus dibersihkan secara berkala pada pompa rig pemboran minyak. Para pekerja pemboran minyak menemukan bahwa luka pada kulit yang tertutup rod wax lebih cepat sembuh dan lebih sedikit meninggalkan bekas (jaringan parut). Oleh Robert Chesebrough kemudian diolah menjadi produk kosmetik bernama ‘Vaseline body lotion’. Beberapa produk lipstik menggunakan bahan petrolatum atau petroleum jelly yang juga turunan dari rod wax yang dikembangkan oleh Roberts Chesebrough.

Emas adalah logam mulia yang ditambang dari dalam bumi, tapi sekitar 10% dari total emas hasil tambang yang ada di dunia, dikembalikan ke dalam tanah sedalam 80 feet (sekitar 27 meter) dari muka jalan atau 50 feet (sekitar 17 meter) dari muka laut, karena disimpan di ruang bawah tanah di Federal Reserve Bank, emas-emas tersebut adalah milik pemerintah dari berbagai negara.

Pada sekitar abad 19 ‘bull-doser’ bermakna memaksa dengan menodongkan pistol agar seseorang melakukan sesuatu, juga bermakna mendorong penghalang dengan tenaga besar. Dengan sedikit variasi pada ejaan, arti kata ‘bull-dozer’ secara harfiah adalah alat yang membuat banteng tertidur, mungkin maksud kata ‘bulldozer’ adalah dengan invensi alat tersebut membuat banteng atau sapi atau kerbau tidak perlu bekerja lagi dan tertidur. Sekarang bulldozer popular sebagai sebutan untuk traktor.

Bentuk Volkswagen Beetle yang lucu adalah karena di tahun 1936 Profesor Ferdinand Porsche berusaha mendesain bentuk yang aerodinamis supaya irit bahan bakar, suatu idea yang jauh melampaui zamannya dan terbukti VW Beetle adalah salah satu kendaraan terpopular, dengan bentuknya yang membulat itu bertahan hingga saat ini.









Angka berapapun jika dikali 9, lalu hasilnya dijumlah, maka hasil akhir penjumlahan akan selalu 9, contoh:
3 x 9 = 27 , hasil perkalian ini lalu dijumlah 2 + 7 = 9
12 x 9 = 108 , hasil perkalian ini lalu dijumlah 1 + 0 + 8 = 9
1002 x 9 = 9018 , hasil perkalian ini lalu dijumlah 9 + 0 + 1 + 8 = 18; lalu dijumlah lagi 1 + 8 = 9

Pria mempunyai tulang dan otot yang lebih besar dan lebih kuat dari wanita. Tapi wanita mempunyai kekebalan (immun) lebih kuat dari pria. Bisa jadi inilah sebabnya wanita bisa bertahan hidup walau harus mengalami pendarahan tiap bulan (menstruasi) pada organ vital. Jika pendarahan organ vital tersebut terjadi pada pria, bisa berakibat fatal. Lebih detail.

Di suatu rumah mewah, dapur (kitchen set) dan kamar mandi bisa menghabiskan biaya paling tinggi, padahal kita tidak menghabiskan banyak waktu di kedua ruang tersebut.

Banyak orang mampu berjalan-jalan 2 jam lebih di shopping mall tanpa istirahat, tidak banyak orang yang mampu jogging lebih dari 15 menit. Kita menghabiskan lebih banyak kalori saat jalan-jalan di mall daripada saat jogging, tapi karena banyak jajanan tersedia di mall maka asupan kalori bisa lebih besar dari yang dikeluarkan. lebih detail

Orang berkulit putih ingin menggelapkan kulitnya, orang berkulit gelap ingin memutihkan kulitnya. Orang eropa menghabiskan banyak uang untuk berbagai produk tanning untuk membuat warna kulit kecoklatan (tan), dan berjemur. Orang berkulit kecoklatan seperti orang Indonesia, Malaysia, Philipina, Thailand, India, dll, berusaha memutihkan kulit dan menghabiskan banyak uang untuk produk-produk skin whitening and lightening.

Photografi dengan warna hitam putih, silhouette, masih populer saat ini walau kamera sudah mampu merekam berjuta warna. Tapi film hitam putih dan film bisu sudah kehilangan penggemar.

Mata manusia mampu mengenali dan membedakan jutaan warna, ada pendapat menyatakan sampai 10 juta warna, tapi hanya ada 3 warna yang paling populer sejak zaman nenek moyang kita mulai melukis di dinding gua batu sampai sekarang, yaitu: merah, putih, dan hitam. lebih detail

Walau lebih berat, orang gemuk lebih terapung di air dari pada orang yang kurus. Karena lemak manusia lebih ringan dari air.

Saat ini mobil dengan mudah mencapai kecepatan 120 km/jam, bahkan beberapa kendaraan bisa mencapai lebih dari 200 km/jam. Sayangnya, pada jam-jam sibuk kecepatan rata-rata bisa serendah 10 km/jam. Jadi bersabarlah atau gunakan moda transportasi lain.

Kita menghabiskan lebih banyak waktu untuk sosialisasi melalui internet dan tv daripada sosialisasi aktual.

Prinsip dasar aerodinamis untuk mengendalikan arah penerbangan pesawat besar dan berat seperti Boeing 747 atau Airbus A380 adalah sama dengan pesawat kertas yang sangat kecil dan sangat ringan, arah penerbangan dikendalikan oleh: aileron, elevator, rudder.

Saat kita menggunakan air conditioner (AC) untuk mendinginkan ruangan, kita menggunakan energi lebih besar dari energi panas yang dipindahkan AC keluar ruangan. Karena pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar masih umum digunakan, kita menaikkan suhu bumi (global warming) saat kita menggunakan AC, tak heran kebutuhan AC terus-menerus meningkat.

Sistem kemudi tidak banyak berubah sejak 1885 saat Daimler & Benz mendesain mobil pertama, cikal bakal Mercedes Benz. Masih menggunakan poros yang diputar ke kiri atau ke kanan oleh pengemudi. Padahal joystick sudah populer untuk beberapa alat atau kendaraan tertentu (buldozer, excavator, loader, pesawat terbang, dll).



Kamera foto masih eksis walau kamera video sudah populer, gambar diam tanpa suara (foto) masih memiliki penggemar yang besar walau sudah ada gambar video yang bergerak dan bersuara.

Semakin besar kapal semakin besar roda kemudinya, meskipun sudah ada teknologi joystick untuk mengarahkan sebuah kapal besar.

Semakin besar truk semakin besar roda kemudinya, meskipun power steering memungkinkan roda kemudi lebih kecil.

Warna putih adalah salah satu warna favorit pada peralatan berat tambang, kapal, pesawat udara, padahal warna putih akan kentara jika kotor sangat sulit membersihkan alat atau kendaraan sebesar itu.

Kemeja putih dan celana putih adalah salah satu seragam favorit untuk mekanik, pekerja pabrik, pelaut, angkatan laut, dll. Alasannya antara lain agar mereka menyelesaikan pekerjaan dengan bersih dan rapi. Setelah bekerja dengan mesin-mesin, mereka mencuci baju putih dan celana putih dengan mesin cuci.


Black box alias kotak hitam ternyata berwarna oranye.


Black box (Flight Data Recorder) oleh Wikipedia

Secara rata-rata lebih sulit untuk menelepon teman yang memiliki ponsel lebih dari dua, teman-teman yang hanya memiliki satu ponsel biasanya lebih mudah untuk dihubungi.

Beberapa orang yang membeli perangkat cerdas (smart phone, PDA, tablet computer, notebook, etc) untuk membantu pekerjaan mereka untuk mendapatkan lebih banyak waktu luang, mendapati dirinya jadi sibuk 'bermain' dengan perangkat pintar tersebut sehingga waktu luangnya berkurang.

Sekarang ini ukuran telepon selular pintar (smart phone) dapat lebih kecil dari tangan Anda, beberapa telepon rumah yang dapat digunakan hanya untuk berbicara masih memiliki ukuran sebesar wajah Anda, dan telepon besar itu masih mempunyai jumlah penggemar yang besar.

Kapal sebesar dan semahal Titanic (269m x 28m) hanya mengandalkan dua orang pengawas di puncak tiang untuk mengawasi jalur di depan kapal. Tanpa radar, tanpa sonar, dll. Mungkin ini adalah salah satu sebab terjadinya kecelakaan. Jika saja malam itu mereka tidak ngebut, diperkirakan dalam 1-2 hari akan tiba di New York dengan selamat.

Orang-orang masih suka membaca surat kabar meskipun sekarang banyak media informasi (tv, radio, internet, dll) yang jauh lebih cepat dan dengan gambar bergerak dan bersuara (video), mungkin karena koran lebih cocok dan enak untuk dibaca di toilet.


No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site