Friday, October 21, 2011

Bersin, pilek, maag dan jeruk nipis (Citrus Aurantifolia), amankah??


Saya termasuk orang yang alergi pernapasan, mulai subuh sampai sekitar jam 8 pagi saya sering bersin dan pilek, lalu hilang dengan sendirinya jika siang.

Suatu ketika saya mendapat info tentang kebaikan jeruk nipis jika diminum dengan air putih di pagi hari sesaat setelah bangun tidur. Logikanya masuk akal juga, jeruk nipis banyak mengandung vitamin C yang baik menambah daya tahan tubuh sehingga mencegah pilek.

Mulanya saya ragu mencoba karena takut maag saya kambuh. Lalu saya mencari artikel tentang kandungan jeruk nipis. Di artikel tersebut disebutkan bahwa jeruk nipis mengandung asam sitrat, dan asam sitrat itu akan berifat basa saat tiba dilambung.

Setengah percaya setengah tidak percaya, saya mencoba meminum air putih hangat yang dicampur perasan ¼ jeruk nipis segera sesudah bangun tidur. Dan memang ternyata menyegarkan rongga mulut dan hidung, bersin dan pilek segera berkurang. Tapi saya masih tak yakin dengan lambung saya. Setelah beberapa hari mencoba dan ternyata aman bagi lambung, jadi teori bahwa asam sitrat berubah jadi basa di dalam lambung adalah benar. Bahkan sekarang jeruk nipisnya langsung saya isap dimulut baru saya minum air, terasa jauh lebih segar di rongga mulut dan hidung.

Berapa artikel juga menyatakan bahwa jeruk nipis baik untuk: mengurangi asam urat, memutihkan kulit, membersihkan gigi perokok, membersihkan seluruh tubuh (detoksifikasi), mencegah batu ginjal, mencegah batuk, menjaga berat badan, mencegah rambut rontok, dll.

Vitamin C pada jeruk nipis bekerja sebagai antioksidan yang dapat menjaga arteri Anda tetap fleksibel dan mencegah penumpukan dan plak yang sering menyebabkan, tekanan darah tinggi, stroke atau serangan jantung.

Berbagai khasiat jeruk nipis lainya baca disini.

Saat ini sudah lebih dari dua tahun saya lakukan meminum jeruk nipis di pagi hari, tanpa efek samping terhadap lambung. Tapi hal ini setahu saya hanya berlaku pada jeruk nipis (Citrus Aurantifolia), tidak pada jeruk lainnya. Jangan menelan biji jeruk nipis.


Rasanya juga enak jika dicampur pada makanan, juga jika diminum sebagai juice hangat maupun dingin.

Beberapa situs yang menyatakan jeruk nipis aman dan baik bagi lambung, harap baca:

mitos-dan-fakta-seputar-maag

stomach-ulcer-natural-treatment

peptic-ulcer

Health-Benefits-of-Lime


No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site