Tuesday, October 25, 2011

Berbagi informasi tentang hal-hal yang baik akan mencegah perbuatan buruk


Minggu lalu saya ngobrol dengan salah seorang guru saya, beliau adalah profesor dari Universitas Gadjah Mada. Beliau sering mengatakan “Jangan bergunjing”. Beliau selalu mengarahkan pendengarnya kepada pikiran-pikiran positif, dan menepis pikiran-pikiran negatif.

Obrolan dengan di hari Minggu itu memberikan idea kepada saya untuk menemukan kata mutiara “Berbagi informasi tentang hal-hal yang baik akan mencegah perbuatan buruk”. Sebagaimana saya gunakan sebagai slogan pada blog ini, 'sharing for a better world, sharing information about good things will avoid doing bad things'.

Secara logika memang jika kita sering berpikiran negatif, bergunjing, menjelekkan orang lain, maka akan terbuka kesempatan bagi kita untuk berbuat hal yang buruk, bahkan akan lebih buruk dari orang yang kita pergunjingkan. Karena orang akan berbuat mengikuti pikirannya.

Sebaliknya jika kita memenuhi pikiran kita dengan hal-hal yang baik, maka kita juga jadi terdorong untuk melakukan hal-hal yang baik. Orang lain pun yang melihat kita mempunyai pikiran dan berbuat akan berusaha melakukan hal-hal yang sama.

Pepatah mengatakan “ Orang akan mencari dan berkumpul dengan yang orang-orang yang mempunyai minat yang sama”.

Jika kita selalu berpikir positif, maka orang di sekitar kita akan melihat niat baik kita, sehingga mereka akan membantu kita dalam berbuat hal-hal positif. Penggemar sepeda akan berkumpul dengan sesama penggemar sepeda, penulis akan membentuk komunitas blogger, pengusaha akan berkumpul dengan sesama pengusaha sehingga membentuk jaringan bisnis, dll.

Maka dengan terus menerus memenuhi pikiran kita dengan informasi yang baik, pikiran-pikiran yang baik, niscaya akan ada hal-hal baik dan keberuntungan mendatangi kita.




No comments:

Post a Comment

Your positive comment will be highly appreciated to improve this site